purwadhika-logopurwadhika-logo

Apakah Peran Penyedia Jasa Digital Marketing Akan Tergantikan Seiring Perkembangan Teknologi Saat Ini?

Patricia Clairine Wangge

10 May 2024

Apakah Peran Penyedia Jasa Digital Marketing Akan Tergantikan Seiring Perkembangan Teknologi Saat Ini?

Memasuki era digital membuat bisnis harus beradaptasi dengan cepat agar tidak tertinggal. Banyak bisnis yang tidak mampu mengejar ketertinggalan dan kesusahan mengaplikasikan strategi pemasaran digital, sehingga peran penyedia jasa digital marketing sangat dibutuhkan dalam memperkecil gap tersebut.

Namun semakin lama, sarana digital yang ditawarkan memudahkan individu dalam pemasaran digital dan mengancam kesempatan penyedia jasa. Lantas apakah peran penyedia jasa digital marketing akan tergantikan?

Mengenal Peran Penyedia Jasa Digital Marketing Lebih Dalam

Penyedia jasa digital marketing merupakan layanan yang ditawarkan oleh pihak ketiga seperti agensi pemasaran, para ahli, maupun pihak lainnya yang sudah memiliki pengalaman lebih, untuk membantu sebuah bisnis dalam mengoptimasikan strategi pemasaran digital mereka. Layanan yang ditawarkan hanya seputar digital marketing saja, meliputi:

  • Social Media Marketing
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Performance Marketing
  • Email Marketing
  • Influencer Marketing

dan lain-lain.

Menggunakan jasa digital marketing mampu membuka peluang bisnis mendapatkan keuntungan di masa depan. Beberapa keunggulan yang ditawarkan jasa ini adalah:

Mampu menjangkau audiens yang lebih luas dan tepat sasaran

Para penyedia jasa digital marketing menyesuaikan target audiens sesuai dengan lini produk atau layanan yang ditawarkan dan segmen pasar yang diincar bisnis. Dengan media digital dan teknologi yang sudah mumpuni, penyedia jasa bisa membaca minat audiens dari berbagai daerah dengan cepat dan lebih tepat sasaran.

Up-to-date terhadap trend yang berlangsung

Masyarakat sekarang sudah terpapar dengan dunia digital. Kondisi ini memudahkan penyedia jasa digital marketing untuk men-tracking trend apa yang sedang terjadi saat ini, sehingga bisa membantu bisnis membuat konten yang relevan dan mendapatkan perhatian publik. Terlebih lagi, karena layanan yang ditawarkan berpusat pada satu bidang saja, yakni digital marketing, maka penyedia jasa lebih cepat untuk menerapkan trend terbaru yang sedang berlangsung dalam praktik pemasaran bisnis.

Analisis lebih mendalam yang membuat kompetisi menjadi lebih mudah

Bisnis mikro bisa saja meraup awareness, consideration, dan conversion yang lebih banyak atau setara dengan bisnis besar karena sudah menerapkan analisis pasar yang mendalam dan tepat dalam memenuhi keinginan konsumer.

Transformasi Teknologi Dalam Dunia Digital Marketing

Semakin berkembangnya gaya hidup dan bertambahnya populasi manusia, maka permintaan akan pengguna teknologi semakin bertambah dan fiturnya pun semakin canggih. Dunia bisnis dituntut untuk beradaptasi dalam mengikuti arus perubahan tersebut, karena dengan memanfaatkan kecakapan teknologi yang ada maka layanan kostumer yang diberikan juga lebih efisien.

Strategi marketing konvensional pun sekarang sudah mulai digantikan dengan pemasaran digital. Meskipun strategi yang digunakan berbasis pada target pasar bisnis, namun pada kenyataannya hampir semua bisnis shifting ke digital. Hal ini didasari dari minat pembelian masyarakat yang terhitung sangat minim dari media tradisional dan lebih banyak dilakukan lewat gadget dan internet. Bukan hanya  perilaku konsumer yang berubah, tetapi juga akses audiens lebih  yang akurat dan biaya yang lebih murah membuat bisnis tergiur dan beralih ke pemasaran digital.

Digitalisasi membantu bisnis meningkatkan brand awareness bisnis, terutama dengan adanya Artificial Intelligence (AI) sekarang, semua pekerjaan digital marketing bisa dilakukan secara otomatis. Contohnya dalam pembuatan konten Search Engine Optimization (SEO), kita bisa melakukan keyword research hanya dengan memberi perintah pada bot. Kecerdasan buatan tersebut juga bisa memberikan konten artikel lengkap dengan struktur penulisan yang benar. Oleh karena itu, keberadaan dan kecerdasan teknologi sekarang menciptakan kecemasan pada bisnis penyedia jasa.

Apakah Perkembangan Teknologi Menjadi Kawan Atau Lawan?

Apakah Perkembangan Teknologi Menjadi Kawan Atau Lawan? Perkembangan teknologi tidak bisa kita hentikan. Semakin lama kehidupan kita di dunia maka ciptaan teknologi tak akan ada hentinya. Manusia membuat teknologi untuk memudahkan beban kerja mereka, namun lama-kelamaan teknologi tersebut dibuat serupa dengan manusia mulai dari pola pikir sampai dengan perilakunya.

Hal ini membuat manusia cemas dan bisa saja mengancam pekerjaan jasa yang berhubungan dengan dunia digital, seperti halnya digital marketing. Ibarat pisau bermata dua, perubahan teknologi bisa menjadi alat pembantu namun juga bisa menjadi ancaman jika tidak digunakan dengan bijak. Untuk itu diperlukan keterampilan yang mumpuni supaya bisa mengendalikan teknologi menjadi kawan di saat kita membutuhkan.

Terdapat beberapa tantangan yang dialami oleh penyedia jasa di era digital ini, yakni:

  • Individu sekarang bisa belajar secara mandiri melalui platform media digital marketing secara mendalam. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa penyedia jasa digital marketing tidak dibutuhkan lagi.

  • Sebuah bisnis memiliki alokasi dana yang besar untuk pemasaran sehingga memungkinkan mereka untuk merekrut para ahli untuk bekerja dengan mereka. Selain itu, bisnis tersebut juga mampu membeli tools pemasaran digital dan mengoperasikannya melalui tim internal sehingga bantuan eksternal tidak lagi dibutuhkan.

  • Ketakutan bisnis dalam memberikan informasi internal perusahaan ke pihak luar untuk dikelola, karena takut adanya kebocoran informasi dari pihak eksternal.

Teknologi juga tidak menutup kemungkinan penyedia jasa mendapatkan keuntungan dari penggunaannya. Dengan ekosistem digital yang luas, teknologi tersebut akan menghasilkan tools-tools baru dan lengkap sehingga membantu penyedia jasa menghasilkan konten yang berkualitas.

Akhir kata, peran penyedia jasa digital marketing tidak akan tergantikan karena manusia merupakan aktor dari kegiatan pemasaran. Ide dan strategi pemasaran yang muncul dari pemikiran manusia kemudian disalurkan perencanaannya melalui perkembangan teknologi, seperti bot AI dan tools yang ada. Pada akhirnya, penyedia jasa hidup berdampingan dengan teknologi untuk membuat inovasi digital marketing yg lebih mumpuni.


bagikan