purwadhika-logopurwadhika-logo

5+ cara menanyakan hasil interview beserta contoh (Whatsapp & Email)

Nawfal Pradana

22 March 2024

cara menanyakan hasil interview.jpg

Setelah mengikuti proses interview di perusahaan yang kamu lamar, biasanya akan diminta untuk menunggu informasi selanjutnya. Biasanya waktu menunggu tersebut sekitar 1 - 2 minggu kerja, tapi tidak jarang waktu menunggu cukup lama dan bahkan tidak ada kabar sama sekali.

Nah kamu tau gak sih sebenarnya kamu bisa melakukan follow up untuk menanyakan kejelasan dari interview yang telah kamu lakukan. Tapi kamu tidak bisa asal dalam melakukan follow up, karena bisa berdampak buruk pada proses perekrutan.

Oleh karena itu yuk simak cara menanyakan hasil interview kerja yang benar (Email dan Whatsapp)

Cara Menanyakan Hasil Interview

Untuk menanyakan hasil interview ada tata cara yang harus kamu ikut dan perhatikan. Cara ini mungkin berbeda di setiap perusahaan, tapi bisa kamu gunakan untuk referensi.

Tanyakan tanggal tenggat waktu saat interview

Ketika kamu sedang interview biasanya nanti akan diberikan waktu untuk bertanya, nah itu adalah waktu yang tepat untuk menanyakan hal tersebut. Tanyakan kira-kira proses rekrutmen selanjutnya, kamu juga bisa menanyakan kapan akan diberikan info selanjutnya.

Gunakan etika dan tata bahasa yang baik

Ketika kamu akan menghubungi recruiter gunakan lah bahasa yang sopan dan formal. Hubungi pihak recruiter dengan menyapa, menyebutkan nama, dan posisi pekerjaan yang dilamar. Kamu bisa lebih detail karena yang melamar posisi tersebut ada banyak. Selain itu ada hal yang perlu kamu hindari seperti:

Hindari langsung bertanya

gunakan kalimat sopan dan pengenalan sebelum menghubungi. Karena jika kamu langsung bertanya, akan terlihat tidak sopan Jangan lupa berikan salam dan ucapkan terima kasih

Hubungi pada waktu yang tepat

Tanyakan hasil interview pada rekuters pada jam kerja mereka, karena waktu tersebut adalah jam kerja mereka dan potensi untuk dibalas akan besar. Selain itu jika kamu menghubungi di luar jam kerja, bisa jadi tidak akan dibalas secara cepat dan bisa dinilai tidak etis.

Tunjukan antusias ketika bertanya

Saat kamu menanyakan hasil wawancara ke reuters, tunjukan antusias pada posisi yang kamu lamar. Agar recruiter tahu betapa kamu ingin untuk bekerja pada perusahaan. Tawarkan juga apakah ada info tambahan yang bisa diberikan.

Berikan salam penutup

Seperti yang sudah disebutkan untuk tidak lupa memberikan terima kasih. Nah kamu juga perlu berikan salam penutup agar lebih sopan, salam penutup tersebut bisa seperti “Dengan demikian, saya harap bisa mendapat balasan mengenai proses interview selanjutnya. Akhir kata terima kasih dan semoga sehat selalu”

Contoh Cara Menanyakan Hasil Interview Lewat Whatsapp dan Email

Setelah memahami cara untuk menanyakan hasil interview. Kamu bisa mulai mempraktekannya, nah pada bagian ini kita akan memperlihatkan contoh menanyakan hasil interview melalui Whatsapp dan email:

Contoh Whatsapp untuk menanyakan hasil wawancara

Selamat Pagi/siang/sore, Bpk/Ibu (Nama rekruter)

Saya Purwadhika sebelumnya telah melakukan wawancara pada tanggal (Tanggal wawancara) Di (Nama perusahaan) untuk posisi (Posisi yang dilamar).

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan interview yang bapak/ibu berikan. Melalui pesan ini ingin menanyakan kelanjutan proses seleksi setelah melakukan wawancara. Saya ingin menanyakan bagaimana kelanjutan setelah wawancara?

Demikian pesan dari saya, atas waktu dan perhatianya terima kasih

Hormat saya (Berikan nama lengkap) (Berikan nomor telepon)

Contoh Email untuk menanyakan hasil wawancara

Cara menanyakan melalui Email.jpg Subject: Follow up Hasil Wawancara untuk Posisi (Masukan nama posisi)

Kepada Bapak/Ibu (Nama rekruter)

Perkenalkan, saya Purwadhika. Sebelumnya terima kasih atas kesempatan wawancara yang diberikan pada tanggal (Tanggal Wawancara). Saya ingin mengetahui status terbaru dari proses perekrutan untuk posisi (Judul Posisi).

Saya sangat tertarik dengan peran ini dan yakin bahwa keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset berharga bagi tim di (Nama Perusahaan). Saya siap memberikan kontribusi yang signifikan.

Mohon informasinya terkait langkah selanjutnya. Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangannya.

Salam, [Nama anda] [Informasi Kontak Anda]

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara User

Setelah menanyakan hasil wawancara, kamu harus persiapkan wawancara selanjutnya yaitu wawancara user. Proses ini biasanya lanjutan dari beberapa rangkaian seleksi masuk kerja. Tapi tidak semua perusahaan mengadakan wawancara user. Bagi kamu yang akan menghadapi wawancara user berikut ini hal yang harus kamu perhatikan.

  • Pelajari pekerjaan yang kamu lamar Biasanya wawancara user itu berkaitan teknis dengan pekerjaan, jadi kamu perlu untuk menguasai detail pekerjaan yang kamu lamar. Wawancara user sendiri biasanya akan dilakukan dengan seseorang yang akan menjadi atasan kamu. Perlihatkan kemampuan terbaikmu agar berpotensi diterima lebih besar

  • Aktif bertanya pada user Tujuan dari interview adalah memahami antara kandidat dan sekuter, maka dari itu kamu juga memiliki waktu untuk bertanya kembali untuk memahami lebih dalam teknis pekerjaan. Dengan kamu bertanya, merupakan nilai plus karena terlihat antusias.

  • Pahami tentang kultur perusahaan dan user kamu Hal yang lumrah ketika kamu akan melakukan wawancara user, kamu melakukan riset tentang perusahaan dan siapa yang akan mewawancarai dirimu. Selain itu kamu juga perlu pelajari tentang perusahaan yang dilamar. Kamu bisa mencarinya melalui website perusahaan dan sosial medianya

  • Berpakaian rapi, sopan dan datang tepat waktu Wawancara user ini sangatlah krusial, karena merupakan ajang kamu untuk memperlihatkan kualitas diri pada calon perusahaan. Jadi gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan serta datang tepat waktu. Ini menjadi poin plus juga karena kamu menghargai user tersebut.

Nah itu beberapa tips tentang wawancara kerja yang bisa kamu coba, ingat persiapkan selalu diri terbaik mu untuk interview. Kalau kamu mau skill digital dengan bantuan penyaluran pekerjaan dan mendapatkan portofolio real project, gabung aja ke Purwadhika DIgital Technology School. Kebetulan lagi ada promo menarik nih! Yuk cek website Purwadhika untuk info lebih lanjut.


bagikan