purwadhika-logopurwadhika-logo

Tips Memulai Hari dengan Morning Routine yang Bikin Semangat

Vanessa Angelina

08 March 2024

Tips Memulai Hari dengan Morning Routine yang Bikin Semangat.jpg

Pernah rasain nggak, hari-harimu tuh kayak lagu lama yang terus-menerus diputar, bikin ngantuk dan pengen tidur terus? Nah, jangan galau dulu, soalnya kita akan bahas tips memulai hari dengan morning routine yang bakal nge-boost energi kamu sampai ke langit ketujuh! Dengan rutinitas pagi yang oke, bisa bikin mood dan produktivitas kamu melejit sepanjang hari. Gokil kan? Yuk, cari tahu tips memulai hari yang bikin semangat!

Mengapa Melakukan Morning Routine?

Untuk Kesehatan

Martin Hagger, guru besar psikologi di Universitas Curtin, menemukan bahwa menjalani morning routine membuat kita lebih cenderung memiliki kebiasaan sehat. Dengan rutinitas, kita jadi nggak perlu repot mikirin keputusan kecil yang bikin pusing. Dengan bangun pagi juga, kita bisa luangkan waktu buat olahraga. Mulai dari jogging ringan sampe yoga pagi, semua bisa bikin badan jadi lebih sehat. Nah, badan sehat, hati pun ceria, kan? Luna Maya juga berbagi rahasia rutin kesehatan dan kecantikannya yang dia lakukan setiap hari.

Setiap pagi aku bangun sekitar 5.50, setelah itu aku siap-siap untuk olahraga sekitar satu jam. Seringnya belakangan ini aku bersepeda bersama teman-teman. Jadi biasanya selesai bersepeda, aku dan teman-teman ngopi dulu sambil mengobrol dan catch up soal kehidupan. - Luna Maya

Untuk Produktivitas

Menjalani morning routine membawa semangat dan pikiran segar untuk menghadapi hari. Dengan sedikit waktu di pagi hari untuk santai atau meditasi, badan jadi bugar dan siap tempur menghadapi segala tantangan yang ada di depan. Pastikan sarapan sehat dan bergizi jadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas pagimu. Makanan bergizi bakal jadi bahan bakar buat memulai hari dengan penuh semangat. Dengan begitu, harimu bakal penuh produktivitas.

Untuk Mood

Morning routine bisa jadi kunci untuk memulai hari dengan semangat yang membangkitkan. Dengan menyisipkan kegiatan-kegiatan menyenangkan atau menginspirasi di pagi hari, mood bahagia akan menyertai dan semangat menyala untuk menyambut petualangan hari itu. Dengan melakukan beberapa exercise simpel, kamu bisa banget meningkatkan kesehatan mental kamu seperti yang ditulis di sini.

Bagaimana Konsisten dengan Morning Routine?

Bagaimana Konsisten dengan Morning Routine.jpg Jawabannya "sesuaikan". Minggu ini kamu lagi senang berolahraga, minggu depan senang bermeditasi, atau mungkin memasak. Namun minimal lakukan sesuatu dan buat kegiatan pagi yang terjadwal biar kamu selalu termotivasi untuk bangun pagi setiap harinya. Temukan kegiatan yang membuat kamu merasa senang.

Buka pintu ke kebiasaan baru dengan langkah kecil yang konsisten. Ikuti saran James Clear untuk transformasi kebiasaan yang berkesinambungan. Misalnya, jika kamu biasanya bangun jam 7 pagi, jangan langsung loncat ke jam 5. Mulailah dengan jam 6.30, lalu pelan-pelan ke jam 6.00. Tubuh akan lebih terima perubahan tanpa kejutan.

Apa Tips Memulai Hari yang Harus Dilakukan untuk Morning Routine?

1. Membiarkan Cahaya Alami Masuk

Cahaya pagi yang menyilaukan akan membuat pikiran kamu lompat dari kasur! Jangan biarkan diri terperangkap dalam kegelapan setelah bangun, nanti jadwal tidur dalam bingung. Cepat buka tirai atau berjemur di spot rumah yang terkena cahaya matahari!

2. Merapikan Tempat Tidur

Laksamana Angkatan Laut Navy SEAL William McRaven adalah otak di balik tren rapi-rapi ranjang, yang sejak itu mendapat banyak sorotan. Konsepnya simpel yaitu dengan memulai pagimu dengan tindakan sederhana. Merapikan tempat tidur tidak hanya membuat kamu bangga, meski hanya sedikit. Melakukannya setiap hari memberikan awal yang tepat dan membantu membangun disiplin seiring berjalannya waktu.

3. Stretching Sebagai Morning Routine

Sejenak peregangan lembut setelah melek dapat membangunkan tubuh kalian, mengendurkan otot-otot kaku, meredakan sebagian rasa sakit, dan menjadikan kamu lebih lentur seiring berjalannya waktu. Kalau rencanamu adalah duduk di depan meja kerja seharian penuh, peregangan adalah kunci untuk menangkal efek negatif dari duduk terlalu lama.

4. Menyalakan Musik

Biarkan pagimu dibanjiri kesenangan dan ketenangan. Sambil menjalani rutinitas pagi, dengarkanlah deretan lagu favorit kamu. Semangat ceria pagi ini diharapkan akan menyertai petualangan sepanjang hari.

5. Membaca Buku

Membaca tiap hari bikin pikiranmu semangat terus, mengasah imajinasi, dan memicu rasa penasaran. Meskipun sibuk, luangkan waktu sejam di pagi hari untuk menikmati bacaan, entah itu koran atau yang lainnya. Yuk, jadikan membaca sebagai ritual pagi yang menyenangkan!

Masih banyak tips memulai hari lain yang dapat kamu baca di artikel ini. Kebiasaan sehari-hari kamu seperti batu bata kecil yang membangun istana besar dalam petualangan hidup. Manfaatkan waktu pagi dengan bijak ya! Biar setiap langkah pagi membawamu lebih dekat pada tujuan impian kamu, satu hari pada satu hari. Jadi guys, mulailah harimu dengan morning routine yang positif dan jadikanlah hal ini sebagai langkah awal untuk mencapai kesuksesanmu! Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi kamu untuk memulai hari dengan semangat yang baru setiap pagi!


bagikan