purwadhika-logopurwadhika-logo

Tools, Komponen, Gaji, Perbedaan, dan Definisi UI UX Design Adalah

Nawfal Pradana

08 August 2023

ui ux design adalah

Bagi kamu yang bekerjaan dipperusahan start up atau digital mungkin sudah mengetahui apa itu UI UX design. Tapi mungkin banyak yang belum memahami apa sebenarnya UI UX design, jadi UI UX design adalah sebuah ilmu design tentang penempatan sebuah komponen pada website atau aplikasi. UI UX sendiri terdiri dari dua hal utama yaitu UI (User Interface) dan UX (User Experience). Nah untuk penjelasan detailnya kita simak artikel satu ini.

Definisi UI UX Design Adalah

UI UX design merupakan istilah yang populer akhir-akhir ini berkat banyak nya kebutuhan pada bidang ini. Seperti yang sudah disinggung di atas UI UX design terdiri dari dua kata utama yaitu UI dan UX. sebuah ilmu yang mengatur tampilan sebuah produk serta pengalaman penggunanya. Untuk detail definisinya adalah sebagai berikut:

UI Adalah

UI yang memiliki kepanjangan User Interface atau jika kamu terjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi tampilan antar muka pengguna. Seperti namanya UI berkaitan dengan citra tampilan antarmuka dari sebuah produk. Biasanya produk yang dikerjakan adalah produk digital seperti website atau aplikasi.

Fungsi dari UI Design adalah untuk membuat tampilan antarmuka menjadi indah sehingga user tertarik untuk menggunakan produk tersebut. Selain itu UI bisa menambah pengalaman user dalam menggunakan produk kita menjadi lebih baik. Komponen yang akan diatur pada UI adalah tipografi, warna, grafik, gambar, dan tata letak.

UX Adalah

UX adalah singkatan dari User Experience yang memiliki arti pengalaman pengguna. Jadi UX akan mengurus segala sesuatunya yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan produk kamu. UX akan banyak mengatur tentang proses pembuatan produk sampai pengalaman pengguna. Sebagai contohnya jika produk kamu adalah website yang perlu akses log in, maka pertanyaan dan perintah apa yang harus ada pada page tersebut.

Kamu akan menggunakan kacamata sebagai user ketika sedang mengatur UX dari sebuah produk. Desain dari UX sendiri sangatlah sederhana karena estetika adalah bagian dari tugas UI. jadi yang terpenting dari UX adalah pengalaman pengguna dan pengembangan produk yang bisa diterima oleh user

Perbedaan UI UX Design Adalah

Perbedaan UI UX Design Adalah. Setelah mengetahui definisinya mungkin kamu masih bingung pada diferensiasi bidang tersebut, berikut ini kita akan menjelaskan perbedaan keduanya berdasarkan beberapa hal seperti:

Perbedaan Tujuan UI dan UX

Perbedaan yang pertama adalah tujuan dari desainnya. Jika pada UI memiliki tujuan untuk mendesain tampilan utama dari produk yang estetik agar user tertarik untuk menggunakanya. UI menjadi garda terdepan bagi perusahaan kamu dalam memperkenalkan produk digital, karena tampilan tersebut yang akan lebih dulu terlihat. Berbeda dengan UX, tujuan dari desain UX adalah untuk membuat pengalaman user menjadi lebih baik dan efisien. Jadi tujuan UX lebih kepada apa yang dirasakan bukan apa yang dilihat, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada desain UX yang terlihat.

Perbedaan Proses Pengerjaan Design

Dalam proses pembuatan design, keduanya memiliki perbedaan yang cukup drastis. Jika pada UI mereka akan melakukan riset dan percobaan tentang desain mana yang paling menarik dan estetik jika dilihat. Selain itu UI Designer akan diminta untuk membuat design yang selaras dengan brand identity dan image. Berbeda dengan UI, UX akan melakukan banyak riset tentang penggunaan produk tersebut. Seperti pada contohnya UX akan melakukan untuk mengetahui problem dan perilaku dari user mereka. Setelah itu mereka akan membuat sebuah sketsa untuk membayangkan bagaimana proses yang akan ideal berdasarkan riset tersebut. Riset seorang UX akan berguna untuk meningkatkan pengalaman dari user

Perbedaan Komponen yang Dibuat

Ketika dalam tahap pembuatan komponen design, keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Dalam membuat design untuk UI yang dikedepankan adalah estetika dan daya tarik, maka dari itu UI designer akan banyak bermain dengan warna, jenis font, desain logo, pemilihan gambar, dan lain-lain. Aspek visual ini bisa menentukan keindahan dari produk digital kamu. Berbeda dari UI, UX biasanya membuat komponen yang berhubungan dengan kegunaan fitur produk, struktur desain, dan menu navigasi dan fungsionalitas dari sebuah produk.

Perbedaan Skill yang Dimiliki

Skill adalah salah satu yang harus kamu miliki dalam melakukan pekerjaan, tak terkecuali dengan UI UX Design. Dalam UI UX kamu akan membutuhkan skill yang berbeda, ketika dengan mengerjakan UI kamu butuh skill kreativitas visual, branding design, dan design grafis. Skill ini berguna untuk mempermudah pekerjaan kamu dalam membuat tampilan design.

Berbeda dengan UI, pada UX kamu perlu memiliki skill empathy, riset, analytical thinking, problem solving, dan kreatif. Skill ini akan membantu kamu dalam memberikan produk terbaik dan menjawab permasalahan user. Untuk skill riset dan empathy menjadi kemampuan fundamental untuk UX designer.

Perbedaan Tools yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya ada pada tools yang digunakan sehari-hari. Sebagai seorang UI designer kamu akan menggunakan tools design visual seperti Figma, Adobe XD, Adobe Illustrator, Flinto dan lainnya. Sedangkan untuk UX designer kamu akan menggunakan tools seperti Whimsical, Axure, Figma, dan lain-lain. Ada beberapa tools yang bisa dipakai bersamaan karena menggunakan sistem cloud sehingga mereka bisa bekerja secara kolaboratif seperti Figma

Jenis Proyek UI/UX Designer

Jenis Proyek UIUX Designer UI/UX designer memiliki beberapa jenis project yang dikerjakan. Hal ini karena UI/UX design memiliki untuk kemampuan mengerjakan beberapa proyek product digital dengan platform yang berbeda. Berikut ini jenis proyek yang biasa dikerjakan UI/UX designer:

  • Desain Website
  • Landing Page
  • Aplikasi
  • Augmented Reality
  • Software CMS,POS, dan CRM

Meksi begitu biasanya UI/UX designer akan banyak mengerjakan website dan mobile application, tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan mengerjakan hal lain sesuai kebutuhan.

Skill Wajib untuk Jadi UI UX Profesional

Kalau kamu mulai tertarik untuk menjadi seorang UI UX professional kamu wajib untuk menguasai skill berikut ini, karena dengan skill ini akan mempermudah kamu dalam menjalankan pekerjaan.

Soft Skill Wajib UI UX Design

Kita akan mulai dengan soft skill terlebih dahulu, soft skill sendiri adalah kemampuan yang ada pada diri untuk pengembangan diri dan berkolaborasi. Berikut ini soft skill yang harus kamu miliki:

  • Komunikasi Seorang UI/UX designer profesional harus bisa berkomunikasi dengan baik. Karena mereka akan bekerja dengan banyak stakeholder. Selain itu skill ini penting untuk berkolaborasi dengan tim.

  • Empati Empati juga menjadi skill yang sangat penting, karena ketika kamu akan membuat produk untuk user. Maka dari itu kamu harus bisa merasakan apa yang user rasakan agar produk kamu tepat sasaran

  • Critical Thinking Skill ini perlu kamu kuasai karena produk yang kamu buat harus minim error, maka dari itu critical thinking diperlukan untuk mengidentifikasi masalah ketika proses pembuatannya

  • Problem Solving Setelah kamu mengidentifikasikan masalah yang ada, hal terpenting berikutnya adalah menyelesaikannya. Maka dari itu skill ini penting untuk kamu miliki.

  • Open Minded Memiliki pemikiran yang terbuka atau open minded bisa membantumu ketika kamu mendapat beberapa feedback dari tim

  • Kolaborasi Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berkolaborasi dengan tim lain adalah salah satu hal yang akan kamu hadapi. Jadi untuk bisa berkolaborasi dengan baik merupakan skill yang dibutuhkan

  • Curiosity Curiosity atau keingintahuan merupakan skill yang penting, karena bisa membantu kamu dalam melakukan eksplorasi dan eksperimen produk

Hard Skill Wajib UI UX Design

Setelah memahami softskill yang harus dimiliki, selnajutnya kamu juga wajib untuk memiliki hard skillnya. Hard skill ini adalah kemampuan teknis yang akan kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan. Berikut ini hard skill yang wajib kamu kuasai:

  • Riset Sebelum kamu membuat produk untuk user maka harus ketahui dulu apa kesulitan, keinginan, dan kebutuhan dari user. Kamu bisa mendapatkan ini semua dengan skill riset

  • Visual design Kemampuan untuk mendesain menjadi penting untuk menampilkan UI dari produk digital kamu. Maka dari itu kemampuan untuk visual design bisa membantu kamu dalam membuat tampilan UI jadi lebih menarik

  • Prototyping Ketika produk kamu hampir jadi maka akan melewati proses prototyping, dengan memiliki skill ini prototyping kamu bisa lebih mudah untuk membuatnya.

  • Analisis data Setelah riset yang kamu lakukan, maka akan ada data yang diterima. Data tersebut harus bisa kamu olah agar mendapatkan info yang dibutuhkan.

Cara Menjadi UI X Designer Professional

Gimana sudah mulai tertarik untuk menjadi UI UX designer profesional? Nah sekarang kita akan membahas langkah apa yang harus ditempuh agar kamu menjadi seorang UI UX professional

  • Pelajaran fundamental UI UX design Sama seperti ilmu lainnya kamu harus mempelajari dasarnya terlebih dahulu sebelum memulai untuk serius menjadi UI UX profesional. Kamu bisa mulai belajar di internet melalui youtube atau mengikuti kelas bootcamp agar kamu fokus mendalami materinya

  • Pahami tools yang akan digunakan Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa penggunaan tools sangatlah penting untuk mempermudah pekerjaan kamu. Maka dari itu mulai lah berlatih dengan tool yang akan kamu gunakan sebagai profesional. Ada banyak tools gratis yang bisa kamu gunakan

  • Buatlah dummy project sendiri Setelah kamu familiar dan dengan tools yang digunakan, mulai latihan mandiri dengan membuat project dummy. Kamu bisa mulai dengan improving design dari sebuah produk yang sudah ada. Dengan begitu kamu akan bisa lebih cepat untuk menjadi seorang profesional.

  • Buat portfolio design buat lah portfolio design sendiri dari dummy project yang sudah kamu kerjakan. Adalah hal yang lumrah kamu memasukan dummy project ke dalam portfolio.

  • Melamar pekerjaan Setelah portfolio kamu selesai mulai lah melamar sebagai UX UI designer. Tapi kamu harus teliti dengan pekerjaan yang kamu lamar, karena bisa jadi persyaratan dan kebutuhannya berbeda-beda

Gaji UI UX Designers di Indonesia

Gaji UI UX designer di indonesia memiliki angka yang beragam tergantung dengan lokasi perusahaan, level, dan tingkat kesulitannya. Menurut riset dari Emsi Burning Glass, tren gaji UI UX akan meningkat sebesar 10,9% di 10 tahun yang akan datang. Jadi pekerjaan ini sangat menjanjikan karena tren yang terus meningkat, selain itu karena transformasi digital yang dilakukan oleh banyak perusahaan maka kebutuhan UI UX design juga meningkat. Berikut ini detail gaji UI UX designer di Indonesia:

  • Entry: Rp7.000.000 - Rp8.500.000
  • Senior: Rp12.000.000 - Rp20.000.000
  • Manager: > dari gaji senior

bagikan