purwadhika-logopurwadhika-logo

Menghapus Label 'Beban' yang Menempel pada Bondan #FutureLifeChanger

Nawfal Pradana

23 February 2024

FLC Bondan.jpg

Ini Bodan, adik dari stand up comedian terkenal yaitu Yudha ‘keling’ yang namanya melesat sejak 2014. Bondan ingin membagikan cerita masa lalunya yang dirasa berat hingga dicap sebagai beban. Bondan lahir dan besar di Depok dari orang tua berdarah Minang dan Betawi, ia bercerita bahwa ketika Yudha lahir usaha yang dijalankan orang tuanya masih berjaya.

Bondan menceritakan kehidupan nya dari awal secara detail hingga akhirnya dia bisa berada diposisikan. Dimulai dari bagian pertama hidupnya, semenjak ia lahir.

Perjalanan Kehidupan yang Menanjak

Kejayaan tersebut tidak berlanjut, ketika Bondan lahir usaha orang tuanya berada di titik terendah. Bodan dibiayai sekolah dari ayah nya yang bekerja secara tidak menent, sedangkan ibu nya adalah seorang ART dan tidak jarang Bondan ikut ibu nya bekerja.

Ketika Yudha ikut stand up comedy dan mulai manggung di beberapa acara TV, Bondan merasa kakaknya tersebut adalah seorang pahlawan. Yudha banyak membantu Bondan dalam biaya sekolah tanpa khawatir, ia sangat senang kaka nya bisa sukses dan berguna untuk banyak orang.

Hubungan Bondan dan Sang Kakak

Bondan bercerita tentang hubunganya dengan sang kakak, menurutnya Yudha adalah anak yang mandiri sejak dulu, selain itu kakaknya adalah anak yang cerdas dengan masuk sekolah unggulan dan sering mendapat beasiswa.

Bondan menjelaskan hubunganya dengan sang kakak baik-baik saja tidak terlalu dekat tapi tidak pernah berseteru juga, seperti kakak adik pada umumnya. Kedekatan ini pun baru dirasakan setelah mereka beranjak dewasa, dimana kedua sudah mulai untuk suka ngobrol tentang pekerjaan tapi tidak pernah tentang pribadi masing-masing

Dicap ‘Beban’ sang Kakak oleh Teman-teman

Bondan merasa kesuksesan sang kakak adalah angin segar untuk kehidupanya, tapi dari situ ia mulai terbebani. Orang tuanya berkata Bondan harus lebih sukses dari kakaknya karena memiliki kesempatan yang lebih, ia dicap beban oleh teman-temanya karena biaya kuliah ditanggung kakaknya, yang membuat Yudha harus menunda menikah. Bayang-bayang kakaknya semakin membuat langkah Badan terasa berat karena kuliah yang tidak kunjung selesai.

Bondan mulai merasa kesulitan dengan kuliah nya, ketika masuk semester 6 ia terkendala dengan penulisan karya ilmiah. Pada masa itu ia merasa putus asa untuk melanjutkan kuliahnya, terlebih dengan bayang-bayang tekadnya untuk menyelesaikan kuliah dan tidak membebani kakaknya. Hampir setiap hari Bondan menangis dalam menghadapinya, impianku hanya ingin mengurangi beban kakak nya semakin berat karena jika ia tidak menyelesaikan penulisan ilmiah tersebut, maka harus membayar uang semester lagi. Rasa frustasi tersebut membuat anda harus memutuskan masa depannya dengan bijak, hingga akhirnya ia membuat keputusan tersebut

Future Life Changer

Itu adalah potongan cerita Bondan tentang perjalanan menanjak hidupnya, kamu bisa menyaksikan cerita selengkapnya di Channel Youtube Purwadhika. Selain itu Purwadhika sedang mengadakan campaign Future Life Changer, campaign ini bertujuan untuk membantu kamu merubah masa depan dengan memberikan bantuan belajar secara full untuk program ob Connector Online Bootcamp. Kamu bisa ikutan dan cek selengkapnya di Instagram Purwadhika.


bagikan