purwadhika-logopurwadhika-logo

Apa yang Dimaksud dengan Notion? Aplikasi Notion Adalah

Nawfal Pradana

06 May 2024

Apa yang Dimaksud dengan Notion? Aplikasi Notion Adalah.jpg

Sebuah aplikasi produktivitas yang lagi hits digunakan oleh orang-orang. Notion sendiri pertama kali didirikan oleh Ivan Zhao pada tahun 2016 bersama teman kuliahnya dari British Columbia University. Tujuan awal Notion adalah sebuah aplikasi mencatat seperti layaknya notes, selain itu Notion digunakan untuk kebutuhan internal antara tim bukan untuk pihak luar. Pada tahun 2018 para developer tertarik untuk mengembangkannya dan akhirnya muncul versi publiknya ditahun yang sama. Kini Notion adalah aplikasi all in one untuk produktivitas yang bisa kamu coba secara gratis, ingin mempelajari aplikasi ini secara mendalam? Yuk simak artikel ini.

Apa itu Aplikasi Notion?

Seperti yang sudah kita bahas di atas, kini Notion menjadi aplikasi produktivitas all in one yang memungkinkan kamu untuk mengelola, magtaur, dan berkolaborasi bersama tim. Notion bisa kamu gunakan sebagai halaman web, membuat jadwal, menyimpan dokumen, manajemen tugas, sebagai pencatatan digital, dan masih banyak lagi.

Selain itu Notion memiliki tampilan unik yang bisa kustomisasi menjadi aplikasi yang kamu banget! Notion tersedia di beberapa platform seperti web dan aplikasi yang bisa kamu akses di smartphone dan desktop.

Fitur Notion untuk Kehidupan sehari-hari

Fitur Notion untuk Kehidupan sehari-hari.jpg Notion memiliki segudang fitur yang bisa berguna untuk pekerjaan kamu sehari-hari, berikut ini fitur unggulan mereka yang bisa kamu coba:

Database yang bisa diatur

Berbeda dengan aplikasi database lainnya yang terlihat sangat monoton dan membosankan, Notion bisa membuat table, daftar, galeri, dan kanban board. Bukan hanya itu, kamu bisa menggabungkan database yang terpisah. Tidak ketinggalan fitur kustomisasi sehingga membuat tampilanya lebih menarik

Membuat berbagai jenis catatan.

Sebenarnya ini adalah fungsi utama dari Notion yaitu membuat catatan, tapi aplikasi ini memiliki banyak jenis catatan yang bisa membantu pekerjaan kamu. Contohnya collaborative editing, kamu bisa berkolaborasi untuk mencatat antara tim. Selain itu, catatan tersebut bisa diatur dengan tagging sesuai namanya.

Nah untuk kamu yang ingin membuat catatan menarik, bisa gunakan templates menarik yang disediakan. Template tersebut memiliki banyak jenisnya, seperti untuk membuat jurnal, to-do list, project planner, dan masih banyak lagi

Integrasi dengan aplikasi lain

Ada banyak aplikasi yang bisa diintegrasikan dengan Notion, contoh nya adalah Slack, produk Google, Trello, dan masih banyak lagi. Jadi kamu bisa menggabungkan menjadi satu tempat, hal ini memudahkan jika sebelumnya kamu masih mengerjakan ini di tiap aplikasi tersebut.

Membuat CV dan Portofolio

Karena Notion bisa digunakan untuk mencatat dengan kustomisasi visual menarik, maka kamu bisa membuat atau menyimpan CV dan Portofolio. Dengan menggunakan Notion, kamu akan lebih kredibel dimata reuters karena dokumen tersebut bisa diakses secara online dan terlihat menarik. Kesempatan kamu untuk direkrut akan semakin tinggi

Sebagai Media Menulis

Berbeda dengan sekedar mencatat, fitur ini bisa menjadi sarana kamu untuk menulis blog. Kamu bisa berlatih untuk menulis atau memang ingin mempublikasikan tulisan mu secara gratis. Karena Notion bisa dilihat oleh orang lain, maka kam bisa menyebarluaskan blog tersebut.

Kelebihan Aplikasi Notion

Setelah mengetahui fitur dari Notion, kita sekarang akan membahas tentang kelebihan. Berikut ini kelebihan dari Notion yang bisa kamu dapatkan:

kolaborasi antar pengguna

Seperti yang kita tahu bahwa Notion memiliki fitur kolaborasi antar pengguna, maka kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tim hanya pada satu tempat. Dengan begitu pekerjaan akan cepat selesai dan efektif karena semua pengguna bisa ikut andil. Selain itu kolaborasi ini real-time, jadi kamu tidak perlu menunggu pekerjaan tim lain dan bisa bekerja berbarengan.

Kemudahan dalam menggunakannya

Meskipun Notion memiliki banyak fitur, tapi semua fitur tersebut sangat mudah untuk digunakan malahan membantu dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini banyak digunakan karena sangat ramah terhadap user, dan bisa menjadi solusi bagi para penggunanya

Fleksibilitas

Fleksibilitas disini memiliki dua pengertian, yang pertama adalah fleksibel karena bisa diakses menggunakan berbagai device seperti laptop dan smartphone. Lalu yang kedua adalah fleksibel mengenai fitur nya, karena kamu bisa membuat banyak hal hanya dalam satu aplikasi ini saja. Contohnya ketika ingin membuat jurnal kamu hanya perlu memilih template untuk jurnal, dan jika sewaktu-waktu kamu perlu membuat database, tinggal pilih template untuk database.

Memiliki fitur deadline

Notion ini memiliki fitur deadline yang cocok untuk kamu yang berniat menggunakanya dalam pekerjaan. Jadi ketika ada pekerjaan yang memiliki deadline, kamu bisa mengatur Notion untuk mengingkat pekerjaan tersebut. Jadi kamu tidak akan terlewat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Keamanan yang terjamin

Meskipun aplikasi ini bisa diakses secara bebas tanpa harus memiliki akun, kamu tidak perlu khawatir untuk keamanannya. Karena kamu bisa mengatur izin dan akses terhadap file yang kamu miliki, jadi tidak semua orang yang izinkan bisa melihat Notion milik mu

Kustomisasi yang menarik

Kelebihan selanjutnya adalah kamu bisa melakukan kustomisasi pada halaman sesuai dengan style yang kamu inginkan. Jadi setiap halaman akan memiliki gaya yang berbeda, kamu memiliki kebebasan untuk mengekspresikan gayamu

Belajar skill digital cuma di Purwadhika! Karena banyak promo dan benefitnya. Untuk info lebih lanjut kunjungi website Purwadhika.


bagikan