purwadhika-logopurwadhika-logo

7 Jenis dan contoh tipografi yang paling populer dan mudah dikenali

Nawfal Pradana

05 April 2024

7 Jenis dan contoh tipografi yang paling populer di tahun 2024.jpg

Tipografi adalah sebuah komponen desain yang memiliki seni tersendiri dalam pemilihan. Komponen ini sangat penting karena bisa melengkapi sebuah desain, untuk mengatur tipografi kamu perlu keahlian khusus karena jika salah bisa memberikan dampak buruk untuk desain tersebut. Nah maka dari itu kita akan memperkenalkan jenis dan contoh tipografi agar kamu tidak salah pilih

Apa yang Dimaksud dengan Tipografi

Sebelum membahas lebih dalam kita harus memahami definisinya terlebih dahulu. Tipografi adalah sebuah seni dalam menata huruf dan teks dalam sebuah desain. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, komponen ini sangat penting karena dipercaya bisa membantu audien untuk menerima pesan dari sebuah karya.

Tipografi sendiri mengatur tentang gaya font, typeface, ukura, Jarak, dan hal lain yang berkaitan dengan estetika penulisan. Teks yang diatur dengan menggunakan tipografi yang tepat diyakini bisa meningkatkan kenyaman audiens dalam menikmati desain.

Fungsi Tipografi

Fungsi Tipografi.jpg Fungsi utama dari tipografi untuk memberikan informasi yang lebih mudah kepada audiens, selain itu untuk meningkatkan kenyaman dalam membaca teks yang ada tipografinya. Selain itu fungsi lebih mendasarnya adalah untuk readable dan legible. Kedua fungsi ini memiliki arti sebagai berikut:

  • Readable: kemudahan dalam membaca teks atau tulisan yang berada dalam sebuah desain
  • Legible: kemampuan audiens untuk mengenali teks dan huruf secara sederhana

7 Jenis dan Contoh Tipografi

Ketika anda sedang membuat desain dan ingin memasukan teks, tapi kesulitan untuk memilihnya. Nah pada artikel ini kita akan membahas jeni dan contoh tipografi agar bisa memudahkan kamu dalam memilihnya

Egyptian

Font ini memiliki bentuk yang cenderung besar dan sebenarnya masuk dalam keluarga serif. Font ini biasa digunakan untuk memberikan penegasan dalam suatu teks. Karena bentuknya yang besar, kokoh, dan kuat membuatnya sangat cocok untuk berdiri sendiri. Egyptian sering ditemukan pada iklan, karena menarik perhatian. Posisi untuk penggunaan font ini adalah pada bagian judul, header, dan logo, karena bentuknya yang besar font ini mudah dibaca dari kejauhan

Serif

Serif adalah font yang paling sering digunakan, karena ini adalah font yang sangat klasik dan memiliki ciri seperti huruf roman, memang font ini digunakan pertama kali oleh bangsa Romawi. Kamu akan langsung tahu jenis font ini ketika melihatnya. Ini memiliki bentuk yang luwes dan tipis, selain itu tingkat keterbacaan font ini sangat tinggi sehingga cocok untuk penulisan majalah, buku, atau surat.

Sans Serif

Secara bahasa “sans” memiliki arti “tanpa” dalam bahasa Prancis, sedangkan serif memiliki arti “kait” jadi tipografi ini bermakna adalah jenis huruf yang ujungnya tidak ada goresan atau kait. Tipografi ini memiliki bentuk yang minimalis dan modern dengan tingkat keterbacaan yang tinggi. Sans serif sering digunakan untuk desain simple, modern, efisien, dan bersih. Kamu bisa gunakan jenis ini pada paragraf panjang atau kebutuhan tampilan digital.

Dekoratif

Tipografi ini merupakan salah satu yang memiliki variasi yang unik, selain itu jarang digunakan untuk tulisan yang panjang. Hal ini karena memiliki ornamental yang tinggi, jadi jenis ini cocok untuk judul, tagline, signage, graffiti, dan lainnya.

Script

Script memiliki bentuk yang unik karena sering dianggap seperti tulisan tangan yang dibuat secara langsung. Tipografi satu ini bisa membuat desain kamu lebih estetik dan menarik. Huruf nya yang tipis dengan variasi tebal dan mirip tulisan tegak bersambung. Tapi script jarang digunakan pada tulisan yang panjang karena cukup sulit dibaca. Jenis ini sering digunakan pada judul sertifikat atau suatu media yang membutuhkan style penulisan judul yang unik

Miscellaneous

Tipografi Miscellaneous adalah pengembangan dari beberapa jenis tipografi yang sudah ada dengan tambahan sentuhan dekoratif yang berupa garis-garis. Biasanya Miscellaneous digunakan pada fantasy font atau desain imajinatif. Biasanya digunakan pada komik atau buku anak-anak, karena memiliki style yang lucu dan unik.

Moonspace

Monspace adalah jenis tipografi yang digunakan untuk penulisan kode pada komputer. Tipografi ini memiliki lebar yang sama pada setiap karakternya, jadi terlihat sangat kaku dengan tingkat keterbacaan tidak terlalu mudah tapi masih bisa terbaca untuk teks yang tidak terlalu panjang.

Belajar Menentukan Tipografi di Purwadhika

Kamu bisa loh belajar untuk memilih tipografi yang pas dengan join Job Connector Bootcamp Visual Design di Purwadhika Digital Technology School. Karena kamu akan diajarin visual design dari 0, bukan hanya itu setelah lulus nanti kamu juga akan dibantu untuk disalurkan pekerjaan ke 1000+ hiring partner Purwadhika. Nah langsung kunjungi website Purwadhika aja untuk info lebih lanjut.


bagikan